RSS

New Heart In God

           Baru-baru ini, gue berkesempatan untuk mengikuti RHDRK (Retret Hidup Baru Dalam Roh Kudus) yang diadakan oleh PDKK (Persektuan Doa Karismatik Katolik) St. Albertus Magnus Universitas Tarumanegara tanggal 5 - 7 November 2010....

The First Day, 5 November 2010
           Hari ini, siap-siap berangkat untuk retret Untar... Awalnya sempet males, karena bingung ga ada temen... Ada siy temennya, tapi belum terlalu akrab... Untungnya, akhirnya Garry (temen gue) bisa ikut....

           Kami akan berkumpul di Burger King yang ada di deket Sarinah bersama dengan temen-temen lainnya.... Gue berangkat dari kost, dijemput oleh Garry yang kebetulan ke kampus (IBII) buat jumatan...^^ Sebelum ke Sarinah, kami harus mampir ke rumah Garry, karena dia belum packing. Karena dia ga bawa helm lebih (yah, karena rencana perginya mendadak), jadinya kami harus melewati jalan tikus... Sekalian dia mau nganterin titipan temennya.... Ugh, rasanya setiap jalan yang kami lewati begitu menyesakkan karena macet... Ditambah lagi, gue belum makan dari pagi... Ugh, rasanya kalo perut gue bisa teriak, dia akan teriak..... LLLAAAAPPPPPPAAAAARRRRRRR......!!!!!!! hiks.... hiks... hiks....

            Akhirnya kami tiba di rumah Garry. Setelah Garry selesai packing-packing, kami segera jalan menuju halte Busway Kramat sambil mengambil nasi goreng yang sebelumnya udah kami pesen...^^ Akhirnya, ada tanda-tanda akan makan... Yah, walaupun pada akhirnya ketika nyampe Sarinah baru kita bisa makan....^^

            Halte Busway Kramat ga terlalu rame... Karena saking bersemangatnya pengen cepet makan trus Trans Jakarta Bus (ce ile bahasanya sok formal, biasanya juga busway siy...^^) udah nyampe depan pintu halte, gue langsung masuk aja ke dalam halte tanpa nyadar kalo gue belum bayar karcisnya.... Habisnya  di pintu masuk Halte Busway Kramat ga ada palang siy (tetep aja nyalahin kondisi... hahahahaha....).... Untungnya, busway-nya cepet n gue ga langsung masuk... Karena kalo naik busway dari Halte Kramat, ada busway yang langsung menuju ke Halte Harmoni dan ada busway yang menuju ke arah Ancol. So, supaya gue ga salah naik, gue harus tanya dulu... Karena gue ga sempet nanya itulah, akhirnya gue ga berani masuk n nyadar bahwa Garry ga ada di deket gue.... Setelah celingak-celinguk, akirnya gue nyadar Garry lagi di loket n gue masuk ke halte busway tanpa bawa karcis..... hahahahahaha... Kelaparan sering membuat kita kalap memang...^^

            Setelah nyadar, gue langsung balik ke loket. Ternyata emang bener, Garry lagi bayar karcis di sana... hahahahahahaha.... Gue ketawa ngakak sejadi-jadinya.... ckcckckckckcckck... menertawakan kebodohan sendiri... hahahahaha... Trus kita antri, ga lama kemudian datanglah sebuah busway... Kalo digambarkan di dalam komik, di sekeliling busway ituw ada bintang-bintangnya... Ah... busway yang ditunggu-tunggu... Kami langsung aja naik, karena ciri-ciri dari busway yang menuju ke Halte Harmoni adalah jarang dinaiki oleh orang-orang...^^

            Busway exspress emang udah paling enak... pergi ke tempat jauh, ga perlu transit n ngantri lagi... Jadi sangat menyingkat waktu.... Ketika Sampai di Harmoni, kami langsung ngantri di bagian Blok M... Menurut palang yang digantung siy begitu... Tapi kami ga nyadar kalo di depan pintu halte, ada tulisan ke arah Ragunan... ckckckckccckckckck.. Kebodohan memang terjadi di mana-mana.... Ternyata tempat antrian tersebut dibagi menjadi dua, ke arah Blok M dan ke arah Ragunan. Tempat antrian untuk busway yang ke arah Blok M ada di sebelah kiri tempat antrian yang ke arah Ragunan.... Huff, kami udah melewatkan beberapa busway sebelumnya.... hahahahahaha.... Untung antrian ke arah Blok M sedikit....

           Puji Tuhan, kita tiba di Sarinah tepat waktu, jam 20.00 WIB... Setelah cari tempat makan, sana-sini, akhirnya kita menemukan tempat yang cocok untuk makan nasi goreng yang udah dibeli sebelumnya, yaitu Foodcourt Sarinah.... Yah, maklumlah, kami belum kerja... Ga ada duit kalo makan di Burger King.... hehehehehehehe...

           Ketika kami hendak masuk ke Foodcourt Sarinah, ada tulisan yang membuat kami jadi ragu untuk masuk, yaitu tulisan....
"Dilarang Membawa Makanan dan Minuman dari Luar!"
           Ooooo, kita membawa bungkusan yang berisi nasi goreng.... Gue sempet ragu mau masuk, tapi Garry langsung bilang ga apa-apa, masuk aja..... Gue selalu ngerasa setiap orang yang ada di foodcourt ituw memperhatikan kami. Seakan-akan mereka tahu kalo kami udah melanggar peraturan.... Walaupun begitu, tetep aja kami ga hilang akal. Karena ga ada sendok, kami datang ke KFC corner supaya bisa minta sendok sekalian beli paket goceng...^^ Tadinya, gue berpikir, kalo kita bisa beli makanan apa gitu di KFC, biar bisa dapet piring, sekalian minta piring satu lagi... Jadinya , nasi gorengnya bisa ditaruh di piring n ga keliatan kalo makanan ituw kita bawa dari luar...^^ Cuman karena kita udah beli makanan, jadinya yah ga ada yang beli makanan......

           Milih tempat duduknya aja di daerah yang agak pojok, deket ma tembok biar ga terlalu diliat ma orang... hahahaha... beneran parah ney.... Nyampe di tempat duduk, Garry ngeh, seandainya kami bisa dapetin piring.... Trus gue sampein deh ide sebelumnya.... Trus Garry langsung menuju ke KFC untuk beli makanan... Ya ampun, gue jadi ga enak sama Garry.... Khan kami harusnya hemat...

           Yah, kelanjutannya udah bisa ditebak lah ya.... Kami bisa makan dengan lancar, walaupun agak ga tenang. Tadinya gue pikir gue akan makan dengan lahap dan banyak seperti biasanya kalo gue ga makan seharian, tapi mungkin karena agak ga tenang gitu makannya, gue cuman bisa makan 1 bungkus nasi goreng doang dan berasa udah kenyang banget. Padahal gue dah siap-siap  dengan membeli dua bungkus nasi goreng... hahahahaha.... Lalu sesuai dengan perjanjian, kami segera kumpul di Burger King, karena dah mau berangkat ke puncak....^^

             Rombongan yang berangkat ke puncak malam ituw adalah Ci Irma yang menyetir mobil, Mas Kodrat yang merupakan salah satu pembicara di retret Untar ini, Ko Vindes dari CM, Dewi dan Emil yang merupakan alumni Untar, gue, dan Garry. Perjalanan ke puncak cukup lancar, walaupun sempet diiringi oleh sedikit kemacetan di tol Semanggi yang disebabkan karena adanya kecelakaan.... Setelah melewati Puncak Pass, kami mencari tempat untuk mampir makan karena salah satu pembicara retretnya yang berangkat bersama kami, Mas Kodrat, ingin makan... Pada kenyataannya, kita semua akhirnya makan siy, walaupun hanya gue n Mas Kodrat yang makan berat...^^ Yang lainnya makan cemilan....

            Memasuki puncak lebih dalam menuju ke arah taman bunga, sangatlah panjang.... Kami harus melewati Lembah Carmel untuk bisa mencapai Tower of Blessing (TOB) yang menjadi tempat retret kami. Kami udah cukup sering ke sana, tapi ntah kenapa perjalanan malam itu terasa begitu panjang, lama, dan memabukkan....^^ Alhasil ketika sampai di TOB, setelah ngobrol bentar dan menyapa satu-sama lain, sekitar jam 00.30 WIB kami segera tidur...^^

The Second Day, 6 November 2010
             Hoooooaaaaaammmmm...... di pagi hari yang indah ini di mana terdengar suara kicauan burung yang begitu merdu, terasa udara pagi hari yang begitu sejuk (walaupun agak dingin) dan bersih, sungguh menyenangkan seandainya gue bisa tidur lagi, aaaahhhh, sungguh keindahannya akan terasa lengkap....

            Gue bangun jam 5.15 dan jam 5.30 udah harus kumpul di aula... Biasanya, kalo bangun sepagi itu, gue akan berdiam diri sejenak ngumpulin nyawa baru ke kamar mandi... Tapi karena gue shock, ngeliat waktu yang gue punya untuk siap-siap tinggal 15 menit, makanya gue langsung ambil peralatan mandi dan handuk lalu segera mandi.... Yah seleseinya siy telat sekitar 5-10 menit. Tapi aulanya juga belum dibuka n panitia yang lain masih saling menyapa satu sama lain... hahahahahah....

            Doa pagi untuk tim dimulai. Karena statusnya Garry adalah peserta, jadinya dia ga ikut doa pagi... Aih enaknya, bisa tidur lebih lama.... Yah, tapi doa pagi lebih penting lah daripada bermalas-malasan begitu... hahahahahaha...^^ Setelah panitia berdoa, giliran peserta yang doa pagi, tentunya bersama tim. Suatu pelajaran yang perlu dipetik bagi retret KMK IBII.... Kami ga pernah doa tim lebih dulu... Padahal ini penting untuk menyatukan hati, untuk bener-bener fokus berdoa untuk setiap aktivitas yang akan dilakukan oleh panitia... Kami langsung mulai acara dengan doa pagi bersama-sama (panitia dan peserta doa bersama).... Hahahahaha...

           Setelah doa bersama, ada seorang panitia yang menghampiri gue. Dia memberikan kertas berisi nama yang udah dilipat untuk gue ambil... Ternyata mereka bermain mortal and angel. Ada dua kertas dan gue harus memilih salah satu kertas yang berisi nama orang yang akan menjadi mortal gue.... Dengan cekatan gue ambil salah satu kertasnya dan gue kaget begitu gue membuka kertasnya.... Aha, mortal gue adalah Ko Vindes... ckckckcckckckckcckck.... Ko Vindes mau diapain? Musti dikasih apa? Grrrrrrrrrr, bingung!!!!! Untungnya pas lagi cerita, Tata ngasih tau kalo angel ga ngasih apa-apa ke mortalnya, angel ituw akan dihukum... Oh no, gue ga mau dihukum.... makanya, dengan sedikit terpaksa gue menulis ucapan semangat buat ko vindes, lalu gue masukkin  ucapan tersebut ke dalam amplop dengan nama ko Vindes yang ditempel di dinding... Ahahahaha... Maafkan dakuw Ko Vindes...^^

           Lalu kami makan dan memasuki sesi 3: Hidup Baru di Dalam Roh yang dibawakan oleh Ko Ferdie.... Kangen banget dengerin ceritanya ko Ferdie... Walaupun, kami dah tau siy ceritanya, tapi tetep aja kami pasti ketawa setiap kali dia menceritakan ceritanya.... hahahahahaa... kalo diinget-inget pengen ngakak lagi..... Setelah sesi, setiap peserta masuk ke dalam kelompok sharing... Melihat mereka semua, kangen rasanya pengen jadi panitia retret lagi, pengen ada di KMK lagi... (padahal retret Mk baru berlangsung seminggu sebelumnya).

            Acaranya berlangsung terus. Memasuki sesi berikutnya, sesi 4: Menerima Karunia Roh Kudus (pertobatan) yang dibawakan oleh Mas Kodrat, gue mulai ikutan merenung... Aahhhh.... Inilah diri gue... Bagian dari diri gue yang kurang, bagian dari diri gue yang perlu diubahkan... Gue iri melihat mereka semua... Gue mulai membanding-bandingkan KMK dengan PD Untar. Panitia retret Untar hanya berjumlah 15 orang, di mana dua di antarnya tidak bisa hadir dalam acara retret sehingga panitia yang dapat bertugas hanya berjumlah 13 orang. Ituwpun, tidak ada perbedaan antara panitia retret dengan pengurus PD.... Pengurus PD, ya panitia retret juga..... Ketika mereka berdoa, sungguh gue dapat melihat hati yang pasrah dan penuh penyerahan diri ada di dalam diri mereka. Sungguh, kerinduan untuk berdoa yang begitu dalam, gue rasakan dari dalam diri mereka.... Ketika mereka menaikkan pujian, tanpa perlu susah payah, setiap orang dapat merasakan hadirat Tuhan dalam pujian mereka... Ugh, kenapa Tuhan ga adil buat gue.... Gue begitu menginginkan karunia dalam pujian dan penyembahan, tapi Dia ga memberikannya.... Hati gue hancur saat ituw juga, mengingat kekecewaan yang gue pikir udah bisa gue terima, tapi ternyata masih tersimpan begitu dalam di lubuk hati gue....

            Hati gue mulai menangis atas pikiran gue sendiri.... Mungkin memang kenyataannya begitu dan gue ga seharusnya menggerutu dan bertanya pada Tuhan, kenapa begitu, kenapa begini.... Romo Hardo berkata begini ketika makan siang....
"Kita berdoa bukan agar Tuhan memenuhi setiap keinginan kita ataupun mengubah kenyataan.... Tetapi kita berdoa agar Tuhan menguatkan kita untuk menerima kenyataan yang ada....."
            Waktu gue mendengarkan kata-katanya, gue masih berusaha mencerna apa maksudnya.... Tetapi sekarang gue sadar bahwa gue ga seharusnya berpikir demikian.... Bagaimanapun sifat buruk dan kekecewaan ituw sulit diubah memang, jadi butuh perjuangan dan waktu buat gue untuk benar-benar dapat menerima kenyataan, merelakan semuanya, dan berpasrah....

            Karena gue ga pengen orang lain mengkhawatirkan gue dan heboh ngeliat perubahan mood gue tiba-tiba, seakan-akan gue lagi mencari sensasi atau perhatian, maka gue berusaha sekuat tenaga untuk menahan ego gue... Gue berusaha untuk tetep ketawa, untuk tetep tersenyum, untuk tetep semangat...^^ Puji Tuhan, gue berhasil... Bahkan saking berhasilnya, kami nyempetin waktu untuk bernarsis-narsis ria...^^







































            Tapi pelajaran yang dikasih Tuhan supaya gue belajar untuk menghadapi masalah yang gue miliki ga berhenti sampai di situ aja.... Setelah Pencurahan Roh, disediakan sedikit waktu bagi peserta yang ingin memberikan kesaksian atas apa yang mereka rasakan pada saat Pencurahan Roh.... Setiap peserta maju dengan senang hati, dengan keputusan yang mereka buat sendiri tanpa perlu ditunjuk... Wow... di retret KMK kemarin, setiap peserta harus ditunjuk dan diajak untuk maju.... OMG, sampai kapan gue harus bisa berhenti untuk membanding-bandingkan seperti ini dan berusaha untuk melakukan sesuatu buat KMK???

            Gue masih berpura-pura baik-baik saja... Pada saat acara celebration, gue masih bisa lompat-lompat dan tepuk tangan. Setelah acara celebration, yaitu acara api unggun, gue n temen-temen yang lain masih bisa ketawa, nyanyi bareng n having fun.... Tapi, ntah sejak kapan, gue mulai sedikit kesel n marah sama Tuhan.... That's the point, gue punya masalah sama Tuhan.....

The Third Day, 7 November 2010
             Acara pertama di hari ketiga ini sama dengan acara pertama di hari ketiga.... Gue sendiri masih tetap berpura-pura bahwa gue baik-baik aja.... Bedanya adalah, panitia ga bisa bangun tepat waktu karena kecapen begitu pula dengan gue sehingga gue ga bisa mandi dan akhirnya memang gue ga mandi....

             Semuanya berjalan begitu lambat, karena dari dalam hati, gue dah pengen cepet pulang dan menangis sejadi-jadinya..... Ga ada lagi puji-pujian dan pikiran positif yang ada ada di pikrian gue..... Ga ada lagi kegiatan menikmati pagi hari seperti hari sebelumnya... Kalaupun ada puji-pujian dan pikiran positif, semuanya gue hampa dan kosong... Itulah kepura-puraan... Walalupun gue masih bisa ketawa....

             Semakin gue mengikuti sesinya, semakin gue pengen menangis.... Semakin gue membandingkan, semakin gue kecewa... Gue jatuh memang.... Puji Tuhan, ga ada yang menyadari kondisi gue ini kecuali satu orang, yaitu Romo Tino yang memimpin misa penutup. Yah, gue menerima komuni, menyantap Tubuh Kristus dalam keadaan gue marah sama Dia... Karena meskipun demikian, ada dorongan di dalam hati gue yang membuat gue ga bisa marah sama Tuhan. Hal ini membuat gue tertekan karena gue jadi ga bisa melampiaskan emosi gue..... Romo Tino bertanya kenapa gue sedih, lalu gue langsung menjawab sambil tersenyum, ga kok romo....^^

            Huff, gue amazed sama pertanyaan romo Tino... hehehehehehee... Dia menyadari ada sesuatu yang salah dengan diri gue.... Yah, tapi ga mungkin khan gue bilang iya... hahahaha... bisa jadi pusat perhatian gue ntar....^^

            Setelah makan siang, semuanya beres-beres dan foto-foto... Kemudian, saat yang kutunggu-tunggu akhirnya tiba, yaitu pulang.... Walaupun kami harus menerima resiko bahwa pulang dari puncak pada hari minggu sekitar jam 2 akan menghadapi macet.... Karena kami ga tahan sama macetnya, akhirnya kami mampir sebentar di Cimori... Yah, makan dan minum sesuatu yang hangat memang melegakan.... Dari awal perjalanan pulang hingga tiba di Cimori, gue udah ngelupain bahwa gue lagi bermasalah.... Tapi karena pembicaraan yang mengasyikan selama di Cimori yang kebawa ketika kami kembali melanjutkan perjalanan membuat gue sadar.... Gue kembali diingatkan oleh kenyataan bahwa karunia gue bukanlah di pujian. Kali ini, bukan hanya satu orang yang meneguhkan, tapi dua orang sekaligus.... Sekali gue kecewa dan gue tetap diam....

             Gue dan Garry akhirnya diturunin di halte busway Jelambar... Kami naik busway ke arah Harmoni dari sana, karena busway express yang langsung menuju pulo gadung udah ga lewat lagi mengingat waktu yang udah malem ketika kami nyampe di halte busway Jelambar.... Puji Tuhan, ada busway yang kosong, jadi kami bisa duduk n beristirahat.... Dasar siy Gary, odong, dia memilih untuk nemenin gue sampai halte Pulomas (mungkin karena ingin melakukan tugasnya sebagai cowo kali ya.... melindungi cewe, melindungi sahabatnya karena emang dah malem siy... hahahahaha....)... Karena di bilang, dia memang punya urusan ke sumur batu, gue menyarankan agar kami berhenti di Halte Pulogadung... halte terakhir....

            Nah, gue lupa kalo hari itu udah sangat malem n angkot M37 udah ga beroperasi.... Nyampe di halte Pulogadung, kita bingung harus pulang naik apa... Terlebih, gue ga enak sama Garry yang udah usaha nemenin gue, tapi malah gue bikin susah.... Duh, gue emang orang yang suka ngerepotin orang lain ya.... T.T....
Untungnya, sambil jalan sambil cari taxi, kami melihat ada angkot M37 yang masih lewat... Lalu kami segera naik. Akhirnya kami tiba di tempat tujuan kami masing-maisng... Gue nyampe duluan siy ke kost... Tapi begitu gue tanya dia, dia juga dah nyampe, jadinya gue cukup tenang....

            Kesendirian di kost ternyata tetep ga bisa membuat gue lega... Tadinya gue udah berencana mau nangis sepuasnya sambil ngamuk-ngamuk... Tapi toh ternyata ga bisa... Ga ada keinginan untuk nangis sama sekali. Setelah beres-beres, yang ada gue rapiin template yang ada di blog ini... upload lagu dan kemudian gue ketiduran sambil nungguin upload-annya selesai.... ckckckcckckckck....^^

The Day After Retreat, 8 November 2010
            OMG, gue baru inget ketika nulis post ini kalo tanggal 8 November tiga tahun yang lalu adalah tanggal gue nonton konser Live Recording True Worshippers: All Things New... ahahahahahaha... That's a sweet memory....^^

             Tapi, bukan itu point pentingnya dan bukan ituw pula hot topic yang mau diungkap di dalam post ini setajam silet dan sekasar sikat.. Loh... Loh... hahahhahaahaha.....

             Kebiasaan gue kalo habis retret adalah bangun pagi pada keesokan harinya adalah sangat siang... Walaupun biasanya juga siang siy bangunnya... hahahahahaha.... Mau jadi apa gue ini.... ckckckckcckckck.... Ituwpun bangunnya karena telepon dari Manda... Dia kira gue belum pulang dari retret karena ga bales sms dia sebelumnya... hahahahahaha... Setelah gue cukup sadar n bermalas-malasan di tempat tidur, akhirnya gue bangun untuk melanjutkan aktivitas gue semalam..... Kemudian gue siap-siap untuk pergi ke toko Luwes.... Kami mau membeli peralatan untuk mading dan segala macam perlengkapan kerajinan tangan karena  gue hobi banget membuat kerajinan tangan....

             Pulang dari toko Luwes, kami mampir untuk makan di MKG.... kemudian baru ke kost gue untuk bikin mading....^^ Membuat mading cukup fun, gue sangat disibukkan dengan proses pembuatan lampion....^^ Selain ituw, kami sempet membuang kalori juga dengan mengurusi salah satu anak KMK... hahahaha... ga perlu disebutkan namanya lah ya.... ^^

             Sekitar pukul 6 sore, waktu gue lagi asyik membuat lampion, gue dikagetkan dengan kedatangan adik gue.... Dia marah-marah, karena gue ga bisa dihubungi sama sekali.... Dia udah coba sms gue n telepon gue, tapi ga gue bales dan gue angkat.... Yah, karena HP gue ga berada di dekat gue.... Gue ga terima dia marah-marah kayak gitu, makanya tanpa banyak kata-kata, gue langsung naik ke atas untuk mengambil TV.... Gue bener-bener lupa kalo hari ini gue janji untuk memberikannya TV..... Selam mengepak TV, gue berusaha menenangkan diri gue.. Gue udah berjanji untuk ga marah.... Karena itu, ketika gue turun ke bawah dengan TV yang berat sampai membuat lengan kiri gue membiru, gue biasa-biasa aja... Dia pun udah membaik... Setelah gue ambilin minum, kami udah biasa-biasa lagi... Tapi ntah kenapa dan gue lupa karena apa, pembicaraan kami mulai menjurus ke arah HP lagi... Dia mulai ngebahas kekesalannya... Gue maklum dia kesel... tapi karena emosi, rasanya gue pengen jawab kalo emang dia yang perlu, dia ga pantes untuk kesel dan kalo mau dateng ya dateng aja, khan gue ada di kost juga.... Yah Puji Tuhan, walopun gue kesel sama Tuhan, gue ga masih bisa berpikir dua kali dan ga menjawab demikian... Gue ga mau dia bilang gue percuma ikut KMK....

            Gue suruh dia cepet pulang  daripada mengganggu dan walaupun dia dah pulang, toh, mood gue udah terganggu... Gue emosi, tapi gue ga mau marah ke anak-anak KMK yang masih kumpul di kost gue untuk bikin mading.... Jadinya gue memilih untuk diam.... Sangat lama gue diam, hingga akhirnya anak-anak KMK yang masih stay untuk bikin mading menghibur gue dengan memberikan kata-kata semangat..... Gue rasa, mereka juga ga enak karena gue jadi emosi begitu....^^

             Gue udah ga sanggup berpura-pura, gue marah.... marah sama Tuhan.... Ugh, kenapa jadi begini.... Kesel dan sedih karena harus berantem sama adik gue sendiri....

              Ketika anak-anak KMK yang masih ada akhirnya pulang karena hari sudah larut malam, gue akhirnya bisa beristirahat.... Biasanya kalo gue marah, gue akan cuek n ga peduli... Bawaannya pengen menghibur diri.... Mau menghibur diri dengan cara makan yang banyak atau dengan shopping walaupun gue ga punya uang pun akan gue lakukan yang penting menghibur diri.... Sekali lagi, puji Tuhan, kali ini gue ga berpikir demikian... Gue ngerasa, gue udah ga punya tenaga untuk melakukan itu semua....

              Gue putuskan, gue ga boleh manja dengan semua yang gue rasakan dan gue harus menghadapinya... Maka, kamar gue yang berantakan ituw gue beresin, buku-buku yang berserakan karena kardus TV yang tadinya digunakan untuk menyimpan buku-buku dan kertas tersebut udah ga ada, segera gue beresin, untuk sementara gue susun dengan rapi di bawah kolong tempat tidur gue.... Setelah mandi, tiba saatnya untuk makan... Gue masuk kamar dalam keadaan lapar, sambil berpikir apa yang bisa gue makan di hari yang udah larut begini... Gue ga punya mie... Ga punya stok makanan yang bisa dibuat dengan cepat.... Gue menangis, tapi ada teguran keras sekali lagi dari dalam diri gue kalo gue ga boleh manja dan cengeng... Sekarang bukan saatnya menangis, tapi mencari jalan keluar... Apa yang bisa gue makan... Tuhan memang baik, Dia ngingetin gue kalo gue masih punya 1 bungkus kerupuk... Akhirnya gue makan kerupuk dan merasa punya tenaga lagi... Cukup kenyang dan lumayanlah untuk menghalau rasa lapar....^^

             Setelah bergumul dan berkutat, akhirnya gue bisa menemukan suatu quote yang menguatkan gue dan gue jadiin status FB....
"Belajar untuk mengampuni dan mencintai seseorang yang kita benci, yang membuat kita sedih, marah, dan kesel (terutama KELUARGA) sama dengan belajar mencintai Tuhan....."
            Gue belum berdamai dengan adik gue... tapi gue tau bahwa yang namanya keluarga akan tetap selalu menajdi keluarga dan setiap kesedihan ataupun kekesalan atasnya ga akan pernah berarti apapun dan  udah gue hilangkan....
             Gue juga belum bener-bener berdamai dengan Tuhan, belum bisa bener-bener menerima kekecewaan gue, tapi gue tau bahwa setiap langkah di hidup gue adalah proses.... Proses untuk bisa menjadi lebih baik... Kali ini, dengan cara yang begitu ajaib, Tuhan udah membuat gue belajar , berpikir, dan bertindak dengan hati yang baru yang telah Dia berikan untuk gue... Seandainya gue ga punya hati yang baru di dalam-Nya, gue ga akan mungkin mampu untuk mengindahkan emosi dan keegoisan gue.....^^ Gue ingat ada seorang pembicara yang mengatakan bahwa walaupun kita mungkin ga siap untuk menerima hadiah dari Tuhan pada saat pencurahan Roh, tetep aja Tuhan udah menyiapkan hadiah buat setiap orang dan kita tinggal membukanya.... Mungkin gue sekarang udah membuka hadiah Tuhan, tetapi bukan karunia yang gue butuhkan saat ini, tetapi buah Roh.... I am captivated by the way He teaches me....

PS: Thanks buat temen-temen dari PDKK St Albertus Magnus Universitas Tarumanegara dan Campus Ministry yang udah memberikan kesempatan buat gue untuk bisa melayani Tuhan dengan segala kekurangan dan kelebihan yang gue miliki.... Maaf ya kalo ada pikiran, perkataan, dan tindakan gue yang salah, yang  tanpa sengaja malah melukai orang lain...^^