RSS

Grumble... Grumble.... Grumble...

Baaaannnnnnnnggggguuuuunnnnn ppppppaaaaagggggiiiiii...... Langsung teriak...
"OMG..... bangun kesiangan.... Astaga Tuhan.... kok ga dibangunin siy... duh, telat ney... " 
(hahahahahaha... gue kayak mempermalukan diri sendiri ya... hehehehe...)
Setelah siap-siap dan nyampe tempat nunggu angkot..... Langsung mengerutkan kening, sambil bergumam....
"Duh, ney angkot mana siy? Kok ga dateng-dateng.... Ga tau ya, kalo orang lagi buru-buru? Duuuhhhh....
Setelah angkot dateng, langsung naik dengan buru-buru... Ooooppppsss... Tapi angkotnya nge-tem dulu....
"Aaaarrrrrrrgggghhhhh..... Ada apa dengan angkot ini? Udah datengnya lama, trus pake acara nge-tem pula lagi.... Aaaaarrrrrrggggghhhhhh.... Rasanya pengen teriak, ayo cepetan jalan, dah telat ney.... Duh, gimana dunks... Tuhan.... Ayo lakukan sesuatu.... Duh, gimana dong..."
Finally, angkot yang katanya ga tau diri ituw jalan sehingga bisa nyampe ke kampus walopun telat.. Begitu nyampe ruangan rapat, semua mata memandang.. semua kepala geleng-geleng.... semua orang bersuara.. ckckckcckckckckcckk....
"Ugh, kenapa harus telat siy... Khan jadi ga enak ma yang lain.... Weleh-weleh, kayaknya siy A marah deh karena gue telat... Siy B juga sensi tuh kayaknya... Duh, suasananya jadi ga enak gini... Gue harus gimana dunks... Duh, musti bilang alasan apa ya soal telat ini, biar mereka ga marah... Ugh...."
Sepanjang hari, diisi dengan keluhan.... Ga sanggup nulisnya... Soalnya, makin lama, grumblingnya semakin panjang.... hahahaha... Gue kehabisan kata-kata nulisnya... Padahal pada kenyataannya, mengeluh ituw ga ada habisnya....

Well, tinggalkan beberapa contoh kecil keluhan yang terjadi sehari-hari tanpa kita sadari di atas, dan mari arahkan hati dan pikiran ke bagian di bawah ini...^^

Part One: What is That?
Berdasarkan artikel dari http://www.artikata.com, ada beberapa definisi yang dapat diperhatikan mengenai arti kata mengeluh dan keluarganya...^^
  1. Keluh (noun) adalah ungkapan yang keluar karena perasaan susah (karena menderita sesuatu yang berat, kesakitan, dan sebagainya)
  2. Keluh kesah (noun) adalah segala ucapan yang terlahir karena kesusahan (kepedihan dan sebagainya)
  3. Berkeluh (verb) = mengeluh
  4. Berkeluh kesah (verb) =  melahirkan perasaan susah dengan mengaduh, menarik napas, dan sebagainya
  5. Mengeluh (verb) = menyatakan susah (karena penderitaan, kesakitan, kekecewaan, dan sebagainya) 
  6. Mengeluhkan  (verb) = mengeluh tentang sesuatu
  7. Terkeluh (adjective) = tidak sengaja mengeluh
  8. Pengeluh (noun) = orang yang suka mengeluh
  9. Keluhan (noun) = apa yang dikeluhkan; keluh kesah

    Salah satu terjemahan kata mengeluh dalam bahasa Inggris adalah complaint yang berasal dari kata 'compleynte'  (Middle English, 14th century) atau 'compleint' (Anglo-French, 12th century), atau 'compleindre'. Arti kesakitan secara fisik ditemukan tahun 1705 di mana pada saat itu, penduduk Amerika Serikat sering menggunakannya dalam percakapan sehari-hari yang tidak formal sebagai suatu keluhan.

    Part Two: Why We Should Not Complaining?
    Alasan untuk yang satu ini, sangat jelas... Heheheehehehe... Apapun yang terjadi dalam hidup kita adalah anugerah dan berkat dari Tuhan.... Ketika kita merasakan sakit dan luka, ada banyak alasan di dalamnya... Bisa jadi, kita menderita karena ulah kita sendiri... Bisa jadi pula, kita menderita karena perbuatan orang lain...
    Yang pasti, yang menyebabkan kita menderita adalah dosa... Ketika seseorang melakukan dosa, bukan hanya dirinya yang akan menderita, orang lain juga akan ikut menderita...

    Contoh sederhana: Ketika kita makan makanan yang ga sehat, kemudian kita sakit... Bukan hanya diri kita yang akan menderita karena sakit, tetapi juga orang tua kita karena mereka harus merawat kita... Mereka harus mengalami kerepotan yang seharusnya ga terjadi seandainya kita mampu menjaga diri sendiri...^^

    So, ketika kita mengeluh, sebenernya kita lagi memaki-maki diri sendiri dan orang lain... Buat apa ya? Jadi malah bikin tambah bad mood....  Karena keluhan adalah ungkapan yang keluar karena mengalami rasa sakit atau hal yang tidak menyenangkan maka pikiran kita yang dipenuhi oleh rasa sakit atau hal yang tidak menyenangkan itu akan terus menghantui kita dan membuat mood kita jelek sepanjang hari.... Salah satu tanda bahwa pikiran kita lagi ga bener alias berpikir negatif adalah kalo perasaan kita lagi kacau, emosi, ga enak, pengen marah, kesel, sedih, dan lain-lain. Ketika kita merasakan hal yang seperti itu, maka segeralah ganti isi pikiran kita dengan hal-hal yang membuat kita senang...

    Salah satu cara yang paling ampuh adalah berdoa, memohon bantuan-Nya di saat kita lagi sedih, marah, kesel, dll, kemudian ambil sesuatu yang positif dari kondisi yang kita alami dan syukuri hal tersebut.... Bersyukur mampu membuat pikiran kita lebih positif, diri kita jadi lebih dewasa, bikin kita tambah deket ma Babe, dan membuat hari-hari kita selalu hidup...^^

    Contoh keluhan di atas akan menjadi seperti ini, kalo kita bersyukur...^^
    Bangun pagi....
    "Wah, Puji Tuhan aku bisa bangun... Makasih ya Tuhan dah dibangunin waloupun akunya bandel, jadi telat bangun gitu... Hehehehehehehe... Harus segera siap-siap ney...^^"
    Setelah siap-siap dan nyampe tempat nunggu angkot...
    "Ah, mana ya angkotnya... hmmmm.... Wah, pagi-pagi gini jalanan kok rame ya... Semoga ntar ga macet ya Tuhan..^^ Bapak tukang parkir di sana itu, semangat sekali ya... Aku jadi ikutan semangat!!^^"
    Setelah angkot dateng dan angkotnya nge-tem....
    "Lalalalalaalalalalalalalala.... (lagi nyanyi-nyanyi lagu yang semangat atau nyanyi lagu rohani sepanjang di angkot).... Asyik, ada kesempatan menenangkan diri, bisa doa dalam hati dulu bentar... Hmmm, semoga angkotnya ga lama nge-temnya...^^"
    Setelah akhirnya tiba di kampus dan masuk ke ruang rapat... semua mata memandang... semua kepala geleng-geleng... semua orang bersuara.... ckckckkckkcckckckck....
    "Wah, maaf ya temen-temen, aku dateng telat.. Maaf ya aku emang belum bisa ngatur waktu ney, ampe bangunnya jadi kesiangan... Akan saya perbaiki!!^^"
    Temen-temen yang lain, walopun agak kesel, tapi ya sudahlah... Setiap orang toh akan belajar dan sedang belajar...^^


    Part Three: Sebelum Mengeluh, Mari Bersyukur Lebih Dulu...^^
    Disunting dari http://dianlantinga.multiply.com/item/reply-to-message/dianlantinga:reviews:41
    1. Hari ini, sebelum kamu mengatakan kata-kata yang tidak baik, pikirkan tentang seseorang yang tidak dapat berbicara sama sekali.
    2. Sebelum kamu mengeluh tentang rasa dari makananmu, pikirkan tentang seseorang yang tidak punya apapun untuk dimakan.
    3. Sebelum kamu mengeluh tidak punya apa-apa, pikirkan tentang seseorang yang meminta-minta di jalanan.
    4. Sebelum kamu mengeluh bahwa kamu buruk, pikirkan tentang seseoran yang berada pada tingkat yang terburuk dalam hidupnya.
    5. Sebelum kamu mengeluh tentang suami atau istri kamu, pikrkan tentang seseorang yang memohon kepada Tuhan untuk diberikan teman hidup.
    6. Hari ini, sebelum kamu mengeluh tentang hidupmu, pikirkan tentang seseorang yang meninggal terlalu cepat.
    7. Sebelum kamu mengeluh tenang anak-anakmu, pikirkan tentang seseorang yang sangat ingin mempunyai anak tetapi dirinya mandul.
    8. Sebelum kamu mengeluh tentang rumahmu yang kotor karena pembantumu tidak mengerjakan tugasnya, pikirkan tentang orang-orang yang tinggal di jalanan.
    9. Sebelum kamu mengeluh tentang jauhnya kamu telah menyetir, pikirkan tentang seseorang yang menempuh jarak yang sama dengan berjalan.
    10. Dan di saat kamu lelah dan mengeluh tentang pekerjaanmu, pikirkan tentang pengangguran, orang-orang cacat yang berharap mereka mempunyai pekerjaan.
    11. Sebelum kamu menunjukkan jari dan menyalahkan orang lain, ingatlah bahwa tidak ada seorangpun yang tidak berdosa.
    12. Kita semua menjawab kepada Sang Pencipta dan ketika kamu sedang bersedih dan hidupmu dalam kesusahan, tersenyum dan berterima kasihlah kepada Tuhan bahwa kamu masih hidup. 
              a. Life is a gift...
              b. Live it...
              c. Enjoy it...
              d. Celebrate it...
              e. And fulfill it...
    Mari kita cintai orang lain dengan perkataan dan perbuatan kita, karena cinta tidak diciptakan untuk disimpan atau disembunyikan. Jangan mencintai seseorang karena dia cantik atau tampak, tetapi jadikan mereka cantik dan tampan karena kita mencintai mereka...^^
     "It's true you don't know what you've got until it's gone, but it's also true that you don't know what you've been missing until it arrives!!!"

    Mari kita mulai setiap hari dengan doa dan ucapan syukur....!!! Fighting!!!! ("\(~^0^~)/")