RSS

Mahkota Wanita

Well, karena kemarin-kemarin ga sempet n terlalu lama baru diposting, gue jadi lupa tanggal sesungguhnya... hahahahaha.... Kalo ga salah, kejadiannya sekitar awal bulan Desember 2010. Gue posting ini buat memenuhi janji ke sobat gue...^^

Anyway, gue akan coba membuatnya ga basi... hehehehehe... Semoga sobat gue suka..^^

The Morning...
Pagi-paginya, gue ada pelayanan di FK UI... Seneng deh ketemu sama mereka... bener-bener gue salut sama mereka. Mereka hanya berempat, mereka pengurus, mereka juga yang menjadi panitia pembinaan. Tapi semangat mereka ga pernah padam, mereka mau mengusahakan pembinaan buat angkatan di bawah mereka agar adik-adik mereka ituw mengenal Tuhan Yesus lebih dalam.^^ Itulah mungkin contoh simple dari yang namanya “Menjadi Terang”.... Makanya gue amazed banget sama mereka. Bahkan mereka harus bayar dengan uang mereka sendiri untuk meminjam ruangan buat pembinaan tersebut... Wow, God Bless You All, Guys....^^

Tapi ini bukan inti ceritanya... hehehehee....
The Afternoon...
Nah, siangnya, gue ada janji bareng sobat gue, Ferah. Waktu ituw, gue pernah ngajakin dia jalan yang sifatnya ga cuman have fun doang kayak nonton or shopping, tapi juga bermanfaat buat diri kita... hahahahaha... (bukan artinya yang lain ga bermanfaat siy, tapi yang ini value-nya lebih baguslah daripada cuman sekedar shopping^^). Gue ngajakin dia buat Creambath bareng. Gue dah lama banget ninggalin rutinitas yang satu ini. Dulu waktu di Bangka, gue suka creambath sendiri pake lidah buaya, trus pas awal kuliah, gue suka creambath ke salon deket kontrakan gue yang murah...^^ Tapi sekarang, dah ga kepikiran deh. Makanya gue pengen banget...^^ Trus perginya bareng sobat khan pasti asyik.... Rasanya berdua bener-bener jadi wanita sejati... Merawat tubuh... hahahaha...

Gue berpikir, mau jalan, eh salah, maksudnya, mau creambath di mana. Akhirnya gue memutuskan untuk pergi ke TA, habinya Gading mahal dan ternyata pilihan gue salah karena dompet gue langsung ngoceh-ngoceh (alias mahal, hiks... hiks... hiks.. MKG tetep is the best deh buat gue). Yah, tapinya ga usah ngomongin soal mahalnya deh, kita ngomongin manfaatnya deh (berusaha menghibur diri, hahahaha....). Sobat gue mah, terserah gue bilangnya, tapi sepertinya, gue akan lebih suka kalo waktu ituw dia bilang jangan pergi ke TA... hahahahahahahaha....

Nyampe di TA kita makan dulu (sobat gue siy yang makan karena gue dah makan, jadinya ga ikutan...^^).  Sobat gue baik deh, karena dia menahan nafsu gue untuk makan sekali lagi n mengingatkan gue kalo gue udah ngeluarin cukup banyak uang sehingga harus berhemat apalagi gue dah makan. Buat apa makan lagi hanya karena laper mata khan. Setelah makan, kita keliling basement buat nyari salon yang cukup murah n bisa dijangkau pake uang di dompet gue... hehehehehe.... Setelah keliling, naik-turun escalator, dll, kita akhirnya menemukan satu salon yang udah cukup terkenal dan meraja lela di mana-mana... (ga usah nyebut merk-lah ya... hehehehehe...)^^.

Begitu nyampe, yah sesuai dengan kata terkenal ituw, banyak deh orang yang lagi ngantri di salon. Untuk yang creambath, ada 1 yang kosong, jadinya gue menawarkan supaya sobat gue di creambath duluan aja...^^ hehehehehehehe... Trus gue ngantri deh... Sekitar setengah jam kemudian, baru gue bisa ikutan di creambath.

Rambut gue segera dicuci. Setelah dicuci, gue disuruh duduk n ditanya, mau pake creambath yang mana. Karena mbak-nya bilang bahwa rambut gue berketombe, dia menyarankan gue untuk Hair Spa aja sekalian bukan creambath... hmmmm....Trus, gue ga mau ketipu khan, jadinya gue tanya harganya. Ada di brosurnya siy n gue liat ga terlalu mahal (pada akhirnya tetep mahal jatuhnya.. hiks... hiks... hiks...). Setelah gue pikir ga terlalu mahal, yah, gue iyain aja tuh kata mbak-nya. Sobat gue dah di creambath lebih dulu... Dia udah berpengalaman banget dibanding gue. Kalo gue pas ditanya, masih agak-agak bingung gitu, trus gue jawab aja dengan sok tegas (biar mbak-nya ga tau, kalo gue lagi bingung.., wkwkwkwkwkwk.... ada-ada aja ya gue...).

Yang paling gue suka dari creambath n hair spa adalah dipijit. Enaknya, rasanya setiap senut-senut n pegel-pegel jadi hilang karena ga cuman kepala doang yang dipijit, bahu juga. Memasuki tahap akhir creambath n hair spa, rambut gue di steam supaya setiap vitaminnya meresap ke akar rambut.^^ Sobat gue dah lebih dulu di steam karena dia dah creambath lebih dulu. Pas rambut gue lagi di steam, dia lagi dicuci rambutnya...^^

Ga berapa lama kemudian, sekitar 10 menit kemudian, gue menyusul sobat gue, buat dicuci juga rambutnya. Tapi sobat gue dah keburu kelar n lagi mau dikeringin rambutnya... Setelah dicuci, rambut gue pun ikutan di keringin dengna hair dryer....^^ Pas baru mau bayar ney yang bikin gue shock, mahal ya... hahahaha... berasa ketipu deh.... wkwkwkwkwkwwkwk....
Ney foto-foto kita setelah selesai di creambath. Lokasi fotonya adalah di toilet (hmm... mungkin TA pengen menjadikan toiletnya sebagai studio foto kali ya... hehehehehehe... asli dekorasinya bagus banget...^^)





Macam-Macam Perawatan Rambut...
Nah, ini dia yang gue bilang. Biar ga basi, gue sertakan juga artikel tentang perawatan rambut. (disunting dari www.focussalon.net dan Informasi Terkini Tentang Kesehatan dan Kecantikan)

Pertama - tama kita akan membahas tentang lapisan rambut, lapisan rambut terdiri dari Kutikula, Korteks dan Medulla.
  • Lapisan kutikula adalah lapisan terluar dari rambut dan berfungsi untuk melindungi lapisan di bawahnya dari kekeringan dan kerusakan. Kutikula rambut dapat rusak karena gesekan mekanis, misalnya sewaktu penyasakan rambut. Selain itu, lapisan kutikula rambut dapat rusak akibat penggunaan bahan yang bersifat basa, seperti sampo dan pengeritingan rambut.
  • Lapisan korteks sebagian besar terdiri dari pigmen rambut dan rongga-ronga udara. Lapisan korteks merupakan lapisan lunak dan mudah dirusak oleh bahan kimia yang masuk ke dalam rambut. Semua proses penataan rambut yang menggunakan zat kimia berlangsung di lapisan ini, termasuk pewarnaan rambut. 
  • Lapisan terdalam rambut adalah lapisan medulla. Lapisan ini hanya terdapat pada rambut yang tebal. Rambut pirang dan untuk rambut tipis umumnya tidak memiliki lapisan medulla.



Creambath
Creambath hanya berfungsi pada lapisan kutikula rambut, so bagi anda yang sering melakukan proses kimia pada rambut anda (Rebonding, Perming, Colouring) maka Creambath akan kurang maximal hasilnya karena Cream Creambath hanya berfungsi di kutikula anda tapi tidak di korteks anda.

Fungsi lain creambath adalah memberi vitamin untuk membantu menguatkan akar rambut dan menjaga kesuburan rambut. Dokter yang ditemui di Klinik Sakti Medika, Jakarta Selatan, ini juga memaparkan bahwa perawatan creambath mencakup pemijatan kepala. “Melalui pemi-jatan diharapkan vitamin yang terkandung di dalam krem masuk menembus pori-pori kulit kepala menuju akar rambut,” ujarnya. Efek lain yang diperoleh dari pemijatancreambath adalah kelancaran peredaran darah di kepala sehingga nutrisi rambut mudah diserap. Agar penyerapan maksimal, kepala diberi steam untuk membuka pori-pori kulit kepala.

Dalam creambath, pemijatan merupakan fokus utama. Selain untuk melancarkan peredaran darah di kulit kepala dan akar rambut, pemijatan juga akan merangsang pertumbuhan rambut. Oleh karena itu teknik pemijatan yang dilakukan pun tidak boleh sembarangan. Teknik pemijatan yang baik adalah menggunakan ujung-ujung jari tangan. Posisikan jari-jari seolah-olah sedang memegang bola kecil, kemudian tekan kepala dengan lembut memakai gerakan memutar. Untuk merangsang folikel (tempat tumbuhnya rambut di kulit kepala), tarik lembut akar rambut. Ketuk-ketuk ringan kulit kepala dengan kepalan tangan. Terakhir, tekan bagian tengah kepala (mulai dari atas hingga bawah) menggunakan jari dengan gerakan memutar. Bagi anda yang ingin Treatment sambil dipijat Treatment yang satu ini sangat cocok buat anda.

Hair Spa
Hair Spa merupakan perawatan untuk rambut agar rambut lebih sehat dan lembut, apabila ujung rambut Anda masih juga pecah-pecah dan kering meskipun Anda cukup rajin creambath? Polusi udara dan tingkat stres yang tinggi tidak lagi membuat creambath cukup untuk merawat rambut. Hair Spa juga diperlukan supaya rambut bisa 'bernapas' dan mendapatkan nutrisi. Perawatan rambut yang satu ini bertujuan untuk mengembalikan kondisi rambut yang rusak. proses hair spa materi yang digunakan merupakan hasil penelitian teknologi canggih. Treatment yang satu ini cocok bagi anda yang memiliki masalah rambut kering, berminyak dan mengembang karena Hair Spa mempunyai kelebihan:
  • Membuat tekstur rambut menjadi halus sehingga rambut mengembang dapat dibuat lebih lembut.
  • Memberikan asupan khusus yang memberikan kelembaban bagi rambut. Pilihlah hair spa dengan vitamin yang membuat rambut kering menjadi lebih bercahaya.
Jika anda memiliki rambut yang tipis dan lemas sebaiknya anda jangan tergoda dengan perawatan ini. Karena sifatnya hair spa adalah melembutkan maka akan membuat rambut anda menjadi semakin lepek dan ‘jatuh’.
Jadi bila anda sudah memahami tentang Hair Treatment ini maka anda bisa menentukan perawatan mana yang sesuai dengan jenis rambut anda.

Hair Mask
Hair Mask berfungsi untuk mengobati kerusakan rambut yang terjadi pada Korteks anda, so bagi anda yang suka melakukan proses kimia (pelurusan, pewarnaan, dan penge-ritingan) pada rambut anda maka Tretament Hair Mask sangat dianjurkan buat anda. Menurut Dr Tina, ketiga proses tersebut menjadi penyebab utama rambut rusak, begitu juga polusi udara. Hair mask ditujukan untuk rambut rusak dan menjadikan rambut lebih lembab. Tapi biasanya untuk Treatment yang satu ini tidak diikuti dengan proses pemijatan seperti pada Creambath dan juga treatment yang satu ini tidak bisa menyembuhkan masalah yang terjadi pada kulit kepala anda seperti (Rambut Berminyak & Rambut Berketombe). “Pemijatan dan penggunaan steam juga tidak dilakukan pada hair mask karena akan menambah kerontokan rambut,” ungkap Dr Tina.

Untuk mendapatkan hasil maksimal, dokter yang sehari-hari praktik di RSCM ini menyarankan agar dilakukan perawatan creambath, hair spa, dan hair mask secara bergantian dengan selang waktu dua minggu.

Home Treatment
Pada umumnya perawatan creambath, hair spa, dan hair mask dilakukan di salon. Namun, bagi Anda yang tidak memiliki banyak waktu, Anda juga bisa melakukannya sendiri di rumah, terutama untuk hair spa dan hair mask. Hal ini karena tidak menekankan pada pemijatan dan penggunaan steam.

Sebelum melakukan hair spa, cuci bersih rambut Anda terlebih dahulu. Lalu, balurkan krem hair spa pada rambut hingga rata. Pijat ringan kepala Anda. Tutupi rambut dengan handuk panas usai pemijatan. Diamkan beberapa saat. Bilas rambut Anda hingga bersih.

Penggunaan hair mask di rumah tidak jauh berbeda dengan hair spa. Caranya, cuci rambut hingga bersih. Balurkan masker pada helai demi helai rambut Anda. Setelah merata, diamkan beberapa saat. Bilas kembali rambut Anda sampai bersih.

Merawat Rambut Sendiri di Rumah Yuk!!!!^^
  • Cokelat
Cokelat mengandung vitamin A dan vitamin E sehingga bermanfaat untuk perawatan tubuh, kulit dan rambut. Anatasia, Manajer Terapi Health Chocolate Salon & Hair Spa, yang berlokasi di kawasan Rawamangun menjelaskan tahapan atau prosesi merawat rambut dengan cokelat sebagai berikut :
  1. Tahap awal adalah pencucian rambut, yaitu rambut dicuci dengan menggunakan sampo khusus yang mengandung cokelat. Setelah rambut dicuci dengan sampo cokelat dibilas hingga bersih dengan memakai air hangat.
  2. Pengolesan krim, merupakan tahapan setelah rambut dicuci lalu dioleskan krim cokelat yang terbuat dari cokelat alami. Selanjutnya krim ini diratakan hingga ke seluruh rambut.
  3. Pemijatan, tahapan ini dilakukan setelah krim rata dan lakukan pemijatan pada rambut dengan hati-hati. Pemijatan ini bermanfaat meratakan krim suapaya mudah meresap le dalam kulit kepala dan prosesnya memakan waktu kurang lebih 20 menit.
  4. Steam atau pemberian uap panas dilakukan setelah proses pemijatan selesai. Rambut di steam atau diberikan uap panas dan hal ini berguna untuk membuat krim cokelat meresap pada batang rambut dan kulit kepala. Proses ini dilakukan selama 5 hingga 20 menit.
  5. Pembilasan, setelah itu rambut dibilas dengan menggunakan air dingin.
  6. Merupakan tahap akhir pengeringan yaitu rambut dikeringkan dan ditata supaya tampak lebih indah. Aroma wangi cokelatpun akan awet tahan lama.
 
  • Jeruk Lemon atau Jeruk Nipis
Sering digunakan dalam perawatan rambut. Selain membuat rambut tampak bercahaya, jeruk juga bermanfaat sebagai penghilang ketombe untuk jenis rambut kering dan rontok. Cara memakainya oleskan potongan jeruk lemon atau jeruk nipis pada kulit kepala perlahan sambil dipijat-pijat, atau dengan menggunakan kapas. Untuk menambah kesegaran dan kelembutan rambut kering dan kusam, bilaslah rambut sehabis keramas dengan campuran perasan jeruk lemon atau jeruk nipis dalam air dingin. Bagi rambut normal dan berminyak yang berketombe, gunakan cincangan jeruk atau air perasan daun seledri.

  • Alpukat
Apukat sangat baik untuk merawat rambut kering. Hancurkan daging buah hingga lunak dan menjadi krim, kemudian oleskan pada kulit kepala sambil dipijat-pijat. Bila perlu, campur avokad dengan krim perawatan rambut yang biasa digunakan untuk creambath.

  • Santan Kelapa
Santan kelapa berkhasiat untuk menjaga kelembapan sekaligus menghitamkan dan menyuburkan rambut normal. Cara memakainya siram rambut dengan santan dan diamkan selama 30 menit sampai satu jam, kemudian bilas dengan air hangat hingga bersih dan tidak lengket. Untuk rambut yang tidak bermasalah, perawatan cukup dilakukan setiap satu atau dua minggu sekali. Untuk rambut bermasalah, misalnya berketombe, rontok, dan lain-lain lakukan perawatan minimal seminggu sekali hingga rambut kembali sehat. Saat melakukan perawatan, diamkan bahan pada kepala selama 20-30 menit agar bisa diserap dengan baik oleh akar rambut. Kemudian cuci rambut hingga bersih. Perawatan dapat dikerjakan kapan saja (pagi, siang atau sore hari), pada saat-saat senggang.